18
Aug
11

Waiting for You/Menantimu-Perpanjangan bacaan buat kalian penggemar karya Sarah Dessen

 

Setelah menghabiskan tahun ajaran kemarin berkubang dengan depresi tanpa sebab yang jelas, Marisa memutuskan sudah saatnya baginya dan sahabatnya, Sterling, untuk menikmati masa SMA seperti anak-anak seusia mereka dengan bergaul, punya pacar, dan terlibat banyak acara sosial.

 

Tetapi membuat resolusi ternyata lebih gampang daripada pelaksanaannya. Cowok tetangga yang ternyata menyukai, situasi harmonis rumah yang berubah total, adik yang selalu nyebelin, gebetan yang tiba-tiba balik naksir, sampai ke sahabat yang berbalik mendiamkannya membuat Marisa nyaris balik ke situasi depresi yang dulu lagi. Padahal ia sudah berjanji pada ibunya: boleh tidak minum obat, kecuali tanda-tanda depresi muncul kembali.

 

Tetapi di samping semua kekacauan, persahabatannya yang sempat retak dengan Nash Parker si cowok tetangga kembali erat. Ia juga berhasil mendapatkan Derek cowok yang jadi gebetannya selama ini. Bahkan, ada seorang cowok anonim yang melakukan siaran radio setiap malam. Ia bukan hanya menambah semangat Marisa dalam menghadapi persoalan-persoalan hidupnya, tetapi juga hampir seluruh remaja di daerah tempat ia tinggal. Pokoknya cowok anonim bernama Dirk si Bengal itu tiba-tiba menjadi idola karena komentar-komentarnya yang tepat, tajam, bijak, dan mampu mengorek rahasia-rahasia sekolah yang selama ini tak seorang pun bisa mengakses.

 

Lalu bagaimana akhir kekacauan di dalam rumah Marisa? Bagaimana ia mengatasi depresinya? Bagaimana kelanjutan persahabatannya dengan Sterling yang retak? Mampukah ia mempertahankan Derek sebagai pacarnya? Bahagiakah ia akhirnya?

 

 

Waiting for You adalah novel YA yang sangat-sangat teenflicks. Sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan pengarang bagus di genre ini macam Sarah Dessen, Meg Cabot, Carolyn Mackler, Melissa Kantor, Hailey Abbott, Cathy Cassidy, Ally Carter, Mariah Fredericks, Julie Anne Peters. Semua dengan kesamaan: bukan beraliran fantasi atau sci-fi, ber-setting SMA, masa kini. Nah, mulai saat ini aku resmi memasukkan Susane Colasanti ke deretan pengarang novel teens yang karyanya mampu menyentuh hati dengan cara mereka sendiri.

 

Aku suka novel ini. Meski mengusung genre yang sudah dibahas dan dikerjakan banyak pengarang, Susane Colasanti masih membawa kebaruan, menyuguhkan gak cuma cekikikan dan usaha mati-matian mengejar-ngejar cowok. Ia menyisipkan kedalaman berpikir seorang remaja dalam menghadapi masalah. Ia memberikan permasalahan yang realistis. Persahabatan, pacaran, perceraian, pertengkaran dengan saudara, kekecewaan kepada ortu. Semua muncul secara alami, tanpa kesan dipasang untuk menyesak-nyesaki novel.

 

Gaya menulis Susane Colasanti aku baca mirip sekali dengan Sarah Dessen. Lembut, girly, dan penuh pemikiran. Satu selingan di antara novel-novel remaja penuh haha-hihi yang akhir-akhir ini banyak bermunculan. Pengarang mampu menghadirkan kegugupan dan kegelisahan Marisa di sepanjang isi cerita. Novel ini juga tidak menyuguhkan happy ending yang meledak-ledak, tidak berkesan living happily ever after. Tetap sama dengan gaya Sarah Dessen.

 

Terjemahannya enak dibaca, pas dengan gaya dan kepribadian Marisa yang (rasanya) ingin dimunculkan si pengarang. Typo juga tidak terdeteksi radarku.

 

Sekarang cover. Gambar versi asli (Penguin inc.) memiliki kemiripan dengan cover bikinan Elex Media Komputindo. Keduanya mengambil setting tempat favorit tokoh-tokoh utama: dermaga pinggir sungai, dengan pemandangan air tenang dan daratan hijau di kejauhan. Bikin ingat sama setting Dawson’s Creek gak sih?

 

Tetapi gambar versi Indonesia justru lebih bisa menerjemahkan judul serta kepribadian marisa. Sosok cewek yang duduk sendirian di sana tampak kesepian, mencari tempat menyepi. Tetapi kepalanya yang agak ditelengkan ke kanan justru seakan-akan menunggu sesuatu (atau seseorang) datang.

 

Definitely a goodread guys. And as per your info: aku bisa menebak identitas Dirk si Bengal sebelum dibeberkan di ending. Bagaimana dengan kamu?🙂

 

 

Judul: WAITING FOR YOU/Menantimu

Pengarang: Susane Colasanti

Penerjemah: Stephanie Yuanita

Penerbit: Elex Media Komputindo

ISBN: 978-602-00-0694-9

Soft cover

Halaman: 406 halaman

Terbit: 2011 (cetakan I)

Harga: Rp 54.800,-

Cover versi Penguin Inc.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

cover versi Elex Media Komputindo

 

 

 

 

 


1 Response to “Waiting for You/Menantimu-Perpanjangan bacaan buat kalian penggemar karya Sarah Dessen”


  1. 1 A.S Prabarini
    March 11, 2014 at 1:38 pm

    aku lagi baca novel ini dan sukaa banget sama jalan ceritanya. meskipun banyak yang gampang ditebak tapi entah kenapa tetep nyenengin aja dibaca ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s