07
Aug
11

Fallen-Terkutuk: Satu lagi gothic romance mewarnai genre young adult

 

Dari awalnya bersekolah di sebuah SMA swasta top di kotanya, kehidupan Luce berubah drastis saat ia harus dikirim ke Sekolah Anak Nakal Berpengawasan Khusus Sword & Cross. Kejadian ini bermula dari sebuah kecelakaan aneh yang diragukan keinosenannya oleh semua pihak termasuk teman-teman sekolahnya, hakim, bahkan orangtuanya. Sebuah kebakaran pondok yang menyebabkan kematian Trevor, atlet sekolah yang juga merupakan pacar Luce.

Sword & Cross memang bukan tempat yang nyaman mengingat fungsinya adalah semacam sekolah rehabilitasi remaja bermasalah. Maka nggak heran kalo tempat itu dilengkapi dengan berbagai jenis tingkatan hukuman, kamera pengawas, serta teralis besi dan kawat duri untuk menjaga penghuninya dari kenyamanan layaknya dunia luar.

Setelah merasa terbuang dari dunia nyamannya, Luce ternyata juga tidak merasakan penerimaan di lingkungan baru. Semua temannya berdandan dan bertingkah seperti preman. Ada Molly yang mengguyurnya dengan daging giling di tengah kafetaria, ada Daniel yang mengacungkan jari tengah dari kejauhan di awal pertemuan, ada Cam yang terang-terangan merayunya, ada Gabbe yang berpenampilan seperti layaknya cheerleader si sekolah umum biasa, ada pula Arriane yang tampak agak sinting sejak pertemuan pertama.

Hal tersebut belum seberapa. Karena ternyata Luce juga masih dikuntit bayangan-bayangan hitam yang melata di udara atau di tanah. Hal menyeramkan yang sudah ia alami sebagai menu harian selama bertahun-tahun. Bayangan-bayangan ini juga muncul menjelang kematian Trevor, dan semakin membuat Luce khawatir dengan kehadirannya yang bertambah mengganggu.

Sejak mendapat acungan jari tengah dari Daniel, Luce malah jadi penasaran pada cowok tampan pendiam itu. Sikap-sikap Daniel Grigori sering bertolak belakang dari waktu ke waktu. Biasanya ia jahat dan jutek, tapi kadang-kadang ia memberi sedikit perhatian yang membuat Luce semakin penasaran dengan perasaan deja vu yang ia rasakan terhadap Daniel.

Sementara Daniel sering bersikap menyebalkan, Cam, cowok ganteng lain di sekolah, malah menampakkan sikap sebaliknya. Ia memberi perhatian dan hadiah kepada Luce, membuat gadis itu terombang-ambing dengan rasa simpati dan hangat yang ditawarkan Cam.

Tetapi ada banyak keanehan yang melingkupi Sword & Cross yang akhirnya membuat Luce merasa bahwa bahaya masih membayanginya. Bisakah ia lolos dari kematian kali ini? Siapakah sebenarnya Daniel? Apakah cowok itu berteman atau malah bermusuhan dengan Cam? Mengapa teman-teman sekolahnya menampakkan gejala dan sikap ganjil? Bagaimana dengan Miss Sophia guru agama di sana, mengapa ia tampak tahu banyak hal tentang Daniel?

Melihat gambar sampulnya dan membaca judulnya, langsung mengingatkanku kepada band beraliran Gothic Metal terkenal yang berasal dari Arkansas Amerika, Evanescence. Kalian pasti ingat lagu mereka yang sempat jadi super hit dan diaransemen ulang oleh musisi-musisi lain ke berbagai jenis aliran musik, Fallen. Merembet dari judul yang sama, aura gelap yang melingkupi video clip Evanescence mirip dengan kegelapan yang melatarbelakangi setting novel ini. Belum lagi kostum yang dikenakan Amy Lee si vokalis. Sealiran banget dengan pakaian yang dikenakan cewek di cover novel Fallen ini.

Gambar sampulnya super keren. Persis sih dengan cover versi Amerikanya. Ekspresi si cewek sangat persis dalam melukiskan apa yang dirasakan Luce di sepanjang cerita. Didominasi warna gelap, cewek berbaju hitam ini berdiri di tengah hutan dengan selubung kabut dan burung kondor di latar belakangnya. Spooky.

Terjemahan novel ini enak dibaca dan dicerna. Tanpa typo yang terdeteksi, membuat pembacaan jadi lancar sampai ke akhir halaman.

Saat bertutur, Lauren Kate juga berhasil menjaga kemuraman sampai ke akhir cerita. Semua deskripsi di novel mengenai situasi dan lokasi menambah keseraman yang dialami Luce. Tapi sayang aku kurang mendapat kepribadian yang menarik dari si tokoh utama.

Luce Price sebagai protagonis cerita hanya tergambar sebagai cewek cengeng yang selalu perlu ditolong orang lain di semua situasi. Ia cuma korban tanpa bisa menunjukkan sikap mandiri dan kemauan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Luce juga terlalu lama digambarkan sebagai cewek yang perhatiannya cuma ke sikap misterius Daniel. Bikin gemes pengen nampar deh. Di mana gengsi dan jual mahalmu, Sista?😦

Penggambaran Daniel Grigori dan Cameron Briel juga agak-agak terlalu klise. Memang sih, kita bakal mengharap cowok cakep memperebutkan si cewek tokoh sentral. Tapi sepak terjang Cam dan cara Luce bersikap terhadap Daniel rasanya bisa kita temui dengan gampang di novel-novel lain sebelumnya. Jadi dari sisi chemistry antara masing-masing tokoh, aku tidak menemukan hal baru.

Inti ceritanya juga bukan hal baru. Tentang fallen angels dan perang antara kebaikan versus keburukan. Bukan tema yang tidak menarik, karena sampai sekarang para penggemar fallen angels masih bertebaran di toko-toko buku (termasuk aku). Sayangnya kok aku nggak menangkap inti yang dipertentangkan di sini ya? Memang sih ada indikasi kalo di sekuel bakal ada penjelasan lebih lanjut. Tapi mbok ya setidaknya ada sedikit penjelasan tentang sedikit hal. Jangan taruh penasaran di semua sudut. Karena jadinya aku ngerasa tidak membaca satu pun pencerahan dari permasalahan di awal cerita. Hal clear yang aku tangkap cuma akhirnya Luce bisa jadian dengan salah satu tokoh. Tapi mengapa Luce bisa menjadi tokoh sentral cerita, mengapa bayangan-bayangan selalu mengikutinya dan semakin menggila menjelang kejadian menyeramkan terjadi, mengapa Luce harus mati di usia 17, mengapa ada kelompok-kelompok fallen angels, sebenarnya mengapa mereka bertentangan di bumi, dll dll tidak ada penjelasannya.

Yah, untuk penggemar setia fantasy fiction, sekuel novel ini masih pantas ditunggu. Setidaknya meski ada beberapa kekecewaan, aku masih punya harapan ceritanya bakal berkembang menjadi lebih seru di buku berikutnya. Dengan catatan si pengarang nanti nggak terlalu sibuk menggambarkan sesi pacaran Luce dan pacar barunya lho ya. Sayang banget keseraman yang berhasil dijaga dari awal hingga akhir cerita kalo harus melempem ke sekedar dongeng cinta berbalut adegan tawuran antar malaikat buangan.

Judul: FALLEN/TERKUTUK

Pengarang: Lauren Kate

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-7253-6

Soft cover

Halaman: 440 halaman

Terbit: Juli 2011 (cetakan I)

Harga: Rp 60.000,-


29 Responses to “Fallen-Terkutuk: Satu lagi gothic romance mewarnai genre young adult”


  1. August 7, 2011 at 9:31 am

    Evanescense rules! Aku paling suka lagu Tourniquet *eh ga nyambung ya sama novelnya*.
    Izin mencomot blog-mu yaaa… Trims.

  2. September 20, 2011 at 11:53 am

    ada niat mau membeli buku ini setelah melihat sampulnya. awalnya agak kaget pas ngeliat di webnya gramedia, karena sampulnya itu background twitter saya yg udah saya pake mulai tahun lalu. eh ga taunya itu sampul novel luar sono XOXO

    novelnya agak suram ya? jadi ingat wicked lovely series-nya melissa marr. ceritanya juga suram, kelam, kesannya ghotic gitu. abis baca review ini, kayaknya saya udah memantapkan diri (buset) utk ngebeli novelnya XDD

  3. September 21, 2011 at 3:04 pm

    Mmm … beda ya, tipe suramnya. kalo Wicked Lovely dkk kan kita diajak masuk ke dunia faerie. Jadi kesuraman yg ada di dalam ceritanya adalah kesuraman yang kita bayangkan di dimensi lain dunia ini (halah). Agak2 absurd dan gak nyambung dengan apa yg kita rasakan dan alami.

    Nah, kesuraman yg aku tangkap di Fallen ini adalah kesuraman yg merupakan hasil pertentangan antar dua kelompok fallen angel di dunia kita. Jadi buat pembaca, hasil akhir pertentangan mereka terasa bakal ngaruh ke kehidupan kita pada umumnya (buat pembaca yg gampang terbawa suasana kayak aku ini).

    Bisa ngebayangin penggambaranku gak? hehehe, sori kalo bikin tambah puyeng.

    • March 1, 2013 at 10:08 am

      Saya baru mau ngereview novel ini (Oktober 2011 akhirnya saya beli hauahahaha udah lama banget ini mah). Dan…………tidak sesuai ekspektasi. Malah menurut saya suramnya ga kena sama sekali. Luce minta ditabok dengan kegalauannya yang mirip remaja SMP –“, sedangkan Daniel… ga tau. No comment dulu wikikikik

  4. October 18, 2011 at 2:41 am

    baru selesai baca novel ini kemaren..
    sebenarnya udah sedikit horror di pertengahan, eh di akhir2 malah jadi gajes gitu,,
    gak ada penjelasan jg di endingnya, mungkin emang bakal dibuat sekuelnya kali ya
    tp lumayanlah bikin surprise jg dengan fakta yg terkuak ternyata bukan cuma daniel sendiri sang malaikat terkutuk..

  5. November 11, 2011 at 11:10 am

    Kak, aku udah baca yang ini. Luar biasa bangett..
    Oiya, mau tanya nih, kakak udah punya yang Torment edisi luar negrinya belum? Siapa tau kakak udah punya😀
    Thanks kak😀

  6. January 20, 2012 at 11:59 pm

    Hihihihi Luce memang nyebelin, sayang bgt penulis menekankan pada hubungan Romancenya ya? Coba kalau yg di sekolah mau dikembangin lagi, trus bayangan-bayangan itu jg, mgkn cerita bakal jadi lebih padat. Jarang-jarang Gramedia pakai sampul asli ya? Tapi mmg covernya keren! Gothic.

  7. 14 febi
    June 17, 2013 at 1:11 pm

    sebenernya tokoh tokoh dalam novel itu bukan manusia ta melainkan malaikat.. yang manusia itu cuma luce aja kan..? msh bingung soalnya aku baca yang versi inggrisnya? mohon bantuannya..

  8. 15 febi
    June 17, 2013 at 1:27 pm

    oya.. fallen itu series ke berapa?

    • June 18, 2013 at 2:42 am

      Fallen yang versi Laren Kate ini sejauh ini sudah diterbitin Gramed 2 buku: Fallen dan Torment. Tapi di luar sono sudah terbit seri selanjutnya, Passion dan Fallen in Love. Dan … ya, memang Luce ini kayaknya memang satu2nya manusia yang jadi tokoh utama di serial ini. Yang lainnya entah malaikat atau nephilim. Ini seertinya lebih ke takdir Luce untuk mati di umur 17 tahun, dan daniel sebagai malaikat pelindungnya yang tidak berhasil menyelamatkan Luce. Jadi Luce mengalami reinkarnasi dan reinkarnasi (males banget, mati kok terus2an ya … )

      terus terang aku sudah berhenti ngikutin serial ini. aku capek dengan kemampuan Luce yang gak ada. kesannya kok kalo di film2 hollywood, tugasnya bakal cuma tereak2 pas adegan menegangkan muncul. hehehe …. tapi kalo suka, cara tuturnya sih layak ditunggu2. Lauren Kate asik banget nglukisin situasi2 seram yang melingkupi novel ini (meski menurutku kedodoran di sisi pembangunan karakter si tokoh utama).

  9. 19 febi
    June 19, 2013 at 9:11 am

    oww.. berarti daniel dan kwan2 itu malaikat…trus knapa meraka bisa ketemu sama luce di sekolah sword and cross.. sekolahnya itu nyata ato gmn? ending cerita nya gimana? terus kisah cinta mereka gmn?

  10. 20 febi
    June 19, 2013 at 9:13 am

    oya minta rincian kejadian di novel fallen donk.. soalnya penting nih..hehe makasih..oya terus setting tempatnta dimana aja ya..mohon bantuannya..🙂

  11. June 21, 2013 at 3:22 pm

    Iyaa.. Keren banget tuch cover novel nya..
    Kalo liat cover nya, langsung keingat deh sama vokalisnya Evanescense!.. Langsung ingat deh sama lagunya yg Bring Me to life… Paas banget tuch,, kalo baca novel fallen sambil dengerin lagu bring me to life!… Keeerrreeennn pastinya…😀

  12. June 21, 2013 at 3:29 pm

    Pengen tnya dong kak,,
    Novel ini sebenarnya ada berapa seri sih..
    Harap di maklumi yah,,
    Soalnya aku baru dapat novel ini…

    Tlong di reply ya kak..🙂

    • June 25, 2013 at 2:21 am

      sejauh ini ada 5. Fallen, Torment, Passion (3 ini sudah terbit di indo), Fallen in Love, Rapture. tapi aku ngikutin cuma sampai novel ke2 saja. habis itu agak capek bacanya, karena si Luce gak tambah2 pinter sih. hehehe. jadi paling2 cuma nyari tau kelanjutan dan sinopsisnya saja, gak niat beli bukunya.

  13. July 1, 2013 at 6:20 pm

    sebenarnya film nya itu udah di buat blm sih??

  14. July 1, 2013 at 6:22 pm

    soalnya liat di youtube ada trailer nya tp nyari film nya susah bgt.. gak ada, mohon dibantu kaka🙂

    • July 2, 2013 at 2:41 am

      filmnya sih belum dibuat, meski kayaknya Disney niat mau bikin. yang kamu liat di Youtube itu trailer untuk bukunya, kali, Sist. Soalnya buku2 sekarang kan banyak juga yang dibikinin film untuk trailer promonya😉

  15. 27 rika julita agustin
    July 25, 2013 at 4:57 pm

    kak maaf mau tanya dund tau nggak dimana yang masih jual fallen , karna aku nyari udh susah banget, mohon bantuannya ya kak, terima kash sebelumnya

  16. 28 happy
    February 24, 2015 at 3:23 pm

    mbak, gimana reading novel ne secara online? Soalnya pengen baca lewat buku online? Ada edisinya ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s