04
Jun
11

Victoria and Nicola: Dua Gadis Kembar dalam Dua Novel yang Berbeda

Hehehe, maaf, judulnya agak-agak menyesatkan😀

Victoria and the Rogue

Lady Victoria Arbuthnot selama ini tinggal di pedalaman India. Ia adalah anak yatim piatu yang dibesarkan paman-pamannya. Kebiasaannya yang suka ikut campur dan ngatur bikin paman-pamannya memutuskan untuk mengirimnya kembali ke Inggris untuk tinggal dengan kerabatnya yang lain, keluarga Gardiner yang tinggal di London.

Selama perjalanan panjang dari India ke Inggris yang memakan waktu sekitar tiga bulan, Victoria berkenalan dan bertunangan dengan Lord Malfrey, bangsawan ganteng yang melakukan perjalanan dengan kapal yang sama. Selama perjalanan itu pula Victoria yang memang masih remaja berusia 16 tahun juga menjalin permusuhan dengan Kapten Jacob Carstairs yang memang menjengkelkan.

Sayang begitu sampai di London, Victoria harus menerima kenyataan bahwa Jack Carstairs adalah teman keluarga Gardiner, sehingga mau tak mau ia harus sering bertemu dengan pria menjengkelkan itu. Dan sayang pula berlalunya waktu di London menyibakkan beberapa kenyataan buruk tentang tunangannya.

Lalu bagaimana Victoria mengatasi masalah yang ia hadapi? Bagaimanakah kelanjutan hubungannya dengan Lord Malfrey? Bagaimana pula sikap Jack Carstairs menyaksikan musibah yang menimpa Victoria?

Judul: Victoria and the Rogue

Penulis: Meg Cabot

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-6550-7

Soft cover

Halaman: 246 halaman

Terbit: Desember 2010

Harga: Rp 35.000,-

Nicola and the Viscount

Nicola Sparks, 16 tahun dan yatim piatu. Ia baru lulus dari sekolah dan siap menjadi debutante di kota London. Nicky adalah gadis cantik dan cerdas yang sangat menyukai fashion. Fakta bahwa uang sakunya relatif kecil tidak menutup kemampuannya berpenampilan menawan karena Nicola pintar menjahit dan memermak pakaian. Ia juga memiliki kecenderungan suka mengomentari cara berpakaian orang lain.

Lord Sebastian Bartholomew adalah pria yang berkali-kali dideskripsikan Nicky sebagai “Sang Dewa” karena ketampanannya yang ditunjang oleh rambut pirang dan mata sebiru langit. Selain tampan, Lord Sebastian juga kaya raya dan lulusan Oxford University. Ia juga adalah anggota tim dayung. Kakak salah satu sahabat Nicky ini juga akhirnya menyampaikan lamarannya kepada Nicky.

Kebahagiaan Nicky menyambut pertunangannya dirusak oleh Nathaniel Sheridan kakak sahabatnya yang lain, Eleanor Sheridan. Nathaniel yang sejak kecil sering menggoda Nicky, membisikkan beberapa fakta buruk tentang Sebastian yang sebenarnya juga mulai disadari Nicky.

Jadi, seberapa buruk kah Sebastian? Bisakah cinta mereka berdua mengalahkan kekurangan-kekurangan yang muncul di tengah pertunangan?

Judul: Nicola and the Viscount

Penulis: Meg Cabot

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-7110-2

Soft cover

Halaman: 288 halaman

Terbit: Mei 2011

Harga: Rp 40.000,-

Mengapa aku menaruh dua novel ini di dalam satu review? Karena pengarangnya sama? Karena genrenya sama? Karena lokasinya yang sama? Karena kepribadian tokoh-tokohnya yang sama? Karena fakta-fakta kecil tentang para tokoh yang sama juga (usia, golongan sosial, lokasi tinggal, era setting, dll)? Atau karena aku malas saja? Hehehe, kayaknya sih jawabannya ya, ya ya, ya, ya, ya, dan ya.

Dua novel karya Meg Cabot yang saat itu menggunakan nama Meggin Cabot untuk membedakannya dari karya-karya YA-nya yang ber-setting modern kontemporer macam The Princess Diaries Series, The Mediator, atau karya-karyanya yang ber-genre chicklit. Sedang untuk historical romance yang ditujukan pasar yang lebih dewasa, Meg Cabot waktu itu menggunakan nama Patricia Cabot. Duh, ruwet ya?

Oke, Meg Cabot adalah salah satu pengarang favoritku. Tetapi akhir-akhir ini aku menemukan beberapa cacat yang membuktikan bahwa ia manusia juga (sori, dulu aku begitu kagum pada karya-karyanya, jadi kalo ada yang bilang Meg adalah salah satu dewi Yunani yang menjelma di bumi, pasti aku bakal percaya saja :D). Nah, di mana cacat novel ini? Atau boleh aku sebut kedua novel ini? Hmm, tentu saja di plot, setting, karakter tokoh, dan alur cerita yang sangat sama. Hampir bisa dibilang keduanya adalah novel yang sama dengan penggantian nama-nama tokoh dan adegan minor. Yang lain? Mirip!

Sumpah, meski overall aku masih suka banget dengan kedua novel ini, aku agak-agak kecewa ngebacanya. Setelah baca Victoria and the Rogue yang memang terbit duluan di Indonesia (meski di Amrik terbitnya belakangan), aku tidak menemukan satu pun hal baru di Nicola and the Viscount.

Tapi untuk selingan, keduanya masih bisa dinikmati kok. Sekali lagi, Meg Cabot tetap menunjukkan kelasnya sebagai pengarang fiksi populer yang top. Dua novel historical romance bergenre YA ini sangat teliti dalam memanfaatkan tren di era regency di Inggris sono. Mulai dari detail pakaian yang bergaris empire, tatanan rambut yang disanggul tinggi, hingga gaya berbicara dan tata pergaulan masyarakat Inggris kelas atas saat itu. Semua terekam secara manis, membuat aku bisa membayangkan keanggunannya jika diterjemahkan dalam sebuah film. Oh ya, seharusnya Hollywood mulai mempertimbangkan film remaja ber-setting regency. Pasti akan tampak indah🙂

Sebagai bonus, aku suka banget menikmati cover-covernya. Keduanya menampilkan gambar sampul yang manis dengan dominasi warna-warna pastel. Abege banget, imut banget.


7 Responses to “Victoria and Nicola: Dua Gadis Kembar dalam Dua Novel yang Berbeda”


  1. June 7, 2011 at 10:57 am

    kaaa,aku baru nemu blog kakak. Sumpah aku seneng banget ada blog kayak gini! Ah iy aku juga suka meg cabot🙂

    • June 8, 2011 at 7:36 am

      senengnya ada yg suka blog-ku🙂 terima kasih ya non. aku juga penggemar berat meg cabot. sudah baca lengkap semua novel dia?

      • October 6, 2011 at 10:34 am

        suka bangett!!!! Keep review novel meg cabot ya kaaa !!!!
        Aku baru baca princess diary,avalon high,victoria+nicola!!!!
        Iyaaaaa !!!! Plotnya juga mirip. But it’s little mistake
        yang bagus apalagi sih kaa?
        Aku newbie fans cabot nih, mohon petunjuknya yaaaaa🙂

      • October 6, 2011 at 11:05 am

        hahaha, mohon petunjukmu itu lho Non … serasa di salah satu adegan film kungfu.
        novel meg cabot sudah cukup banyak. yang rincess dairy series kamu sudah tamatkan? seri yg terakhir yang forever princess lho. super bagus tuh. tapi si mia sudah (cukup) dewasa di sono. trus masih ada all american girl series (ada 2 novel sudah terbit di sini semua), bercerita tentang samantha madison cewek penyelamat presiden dari usaha pembunuhan. yang ini seru dan orisinil banget. setara dengan princess diary series deh hebohnya. trus ada juga the mediator series dengan tokoh Susannah Simons cewek yang bisa melihat hantu (ada 6 novel so far. sudah diterbitkan gramed semua tuh). ada juga airhead series (tentang cewek yang mengalami transplantasi otak, sejauh ini sudah terbit di sini 2 novel),avalon high (di sini baru terbit 1 novel), trus ada novel remaja lepas (gak serial) kayak teen idol, how to be popular, pants on fire. yang belum terbit di sini: jinx, vanished (serial), abandon.

        untuk novel dewasanya sudah banyak juga yang terbit di sini (model chicklit gitu deh): the boy next door, every boy’s got one, boy meets girl, she went all the way, trus ada hether wells series (big boned), insati series (belum penah terbit), queen of babble series (sudah terbit di gramed 2 novel) …

        trus yang diterbitin dengan nama patricia cabot sudah pernah terbit the lady of skye (historical romance), dan masih banyak lagi yang belum terbit di sini. serial anak2 juga ada, allie Finkle series.
        hehehe … semoga gak ketiduran pas baca daftar di atas. selamat berburu!🙂

  2. October 9, 2011 at 12:29 am

    Wkakakak, aku kan lagi belajar kungfu #abaikan
    Belooooomm, bingung mau baca apa engga soalnya kan udahan di film.in
    Lagian gatau urut2annya sih . Poor me
    KYAAAAA MAU BACAA IH!!!!!!!!!
    Nabung dulu😦
    Kalo mediator belom baca sama sekali akunya, pengen baca tapi kok bersekuel2 yaa, sebel kalo lagi males baca sih, tebel
    Itu ada potongan romancenya ga ka?
    eh emg avalon high ada sekuel?
    Itu bagus banget!!!!!!
    eh kayaknya meg cabot suka sejarah arthur ya?
    di avalon high sama nicola nyebut2 lonchivar
    Nah yg how to be popular itu bagus juga!! Pokoknya semua karya meg keren banget lah
    Kalo the boy next door itu mel maafin cowoknya ga ka?
    Hwaaaa makasih bangeeeeet!!!!!!!!
    Itu kk beli semua novelnya?
    Gila yaaa enak!
    tau donlod file pdfnya ga ka?

    • October 9, 2011 at 7:02 am

      hmm, sudah dijawab, ternyata pertanyaannya tetep saja tambah banyak :O)
      1. princess diaries series. selesai di seri ke 10. princess diaries, princess in the spotlight, princess in love, princess in waiting, prinesss in pink, princess in training, party princess, princess on the brink, princess mia, forever princess. di tengah2 itu ada buku2 kecil (yang gak dibaca juga gpp) yang jadi pelengkap.
      2. mediator jumlahnya malah gak sebanyak princess diaries lho. ada romance-nya juga kok. cowok yg ditaksir si tokoh malah hantu, lagi🙂
      3. avalon high ada sekuelnya, sejauh ini kayaknya baru satu yang masuk ke indonesia dan yang lainnya (3 novel) adalah graphic novel.
      4. lah, kok tau soal si mel di the boy next door? memangnya sudah baca? kok belum tau ending-nya? hehehe … baca deh sampai selesai, seru kok. seperti novel2 meg lainnya, biasanya happy ending. tenang saja.
      5. ya iya lah, beli. aku gak bisa cuma minjem atau sewa gitu non. palagi dari pengarang favorit. karena aku tipe orang yg suka baca novel sampai berulang2. percaya atau tidak, itu princess diaries series masing2 sudah aku baca puluhan kali. apalagi book 1, 2, 3, dan 10. novelku sampai lecek jijai deh bentuknya. hahaha.
      6. kok dibilang “enak”? biasa saja kali. mungkin karena aku sudah kerja, jadi lebih leluasa buat memanjakan hobi. tpi yang pelajar kan enak juga, karena bisa minta dibeliin ortu. hehehe. dan lagi aku ngikutin si princess Mia ini dari novel pertamanya rilis, kalo gak salah tahun 2000 gitu deh. jadinya ngoleksinya sedikit2. sejak itu juga jadi kecanduan meg cabot dan genre Young Adult.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s