06
Oct
10

The Titan’s Curse-Percy Jackson & The Olympians-Saat Percy menghadapi ketidakberdayaan karena tidak mampu menyelamatkan banyak teman

Lima akan pergi ke barat menuju dewi terantai,

Seorang akan menghilang di dataran tanpa hujan,

Amukan Olympus menunjukkan jejaknya,

Pekemah dan Pemburu bersatu akan bertahan,

Kutukan Bangsa Titan harus seorang hadapi,

Dan seorang akan binasa di tangan salah satu orangtuanya.

Nggak perlu aku peringatkan lagi ya … Baca review sekuel sebuah novel berarti harus siap-siap baca spoiler🙂

Saat harus mengamankan kakak beradik di Angelo dan membawa mereka ke Bukit Blasteran, Percy-Annabeth-Grover ditambah-satu lagi hero baru yang muncul di akhir novel ke-2-Thalia harus berhadapan dengan Dr. Thorn sosok Manticore yang menyamar jadi wakil kepala sekolah di sebuah sekolah militer.

Pertarungan yang hampir saja dimenangkan sang Manticore akhirnya bisa diredam karena kedatangan pasukan Pemburu Artemis. Sayang Annabeth lenyap dibawa Dr. Thorn. Berikutnya menyusul Artemis sang Dewi Pemburu yang hilang tanpa kabar.

Misi baru dibuat. Kali ini Percy harus rela kelompok pencari pergi tanpa disertai dirinya. Yang berangkat hanya Zoe Nightshade letnannya Artemis di kelompok Pemburu, Bianca di Angelo angota terbaru Pemburu, Grover, dan Thalia. Sedihnya … padahal kan salah satu yang hilang adalah Annabeth-sahabat sekaligus cewek yang mulai sering bikin jiwa abege Percy kelimpungan.

Tapi bukan Percy Jackson kalo nggak ngeyelan dan nekat. Ditemani Black Jack si Pegasus, ia nguntit kelompok pencari dan berhasil menyusul mereka, menyelamatkan, sekaligus akhirnya menjadi anggota pelengkap (tuh di ramalan Oracle kan memang dibilang “Lima akan pergi ke barat …” sedang yang berangkat baru empat orang).

Petualangan membawa keempat remaja tersebut menyeberangi Amerika. Tentu saja dengan penuh perjuangan. Bertemu dan dibantu beberapa orang dewa dan dewi, bertempur melawan monster-monster. Belum lagi pertentangan antar mereka sendiri, karena pada dasarnya ada ketidaksukaan abadi kelompok Pemburu kepada para cowok, dan sikap saling nggak enak antara Zoe dengan Thalia akibat sejarah masa lalu mereka.

Petualangan itu menemui kesedihan saat salah satu dari mereka harus memenuhi takdir ramalan di “dataran tanpa hujan”. Akhirnya mereka tinggal berempat dan berhasil mencapai Gunung Otrys tempat bersemayam para Hesperides beserta ayah mereka yang selama ribuan tahun dihukum para dewa. Di sini, Percy kembali bertemu dengan musuh bebuyutannya, dan satu lagi dari kelompok remaja pencari tersebut harus memenuhi ramalan Oracle “seorang akan binasa di tangan salah satu orangtuanya”.

Cerita kali ini banyak mengetengahkan tokoh cewek-meski porsi Percy tetep banyak. Bayangkan saja, selain Annabeth yang memang memiliki tempat tetap di serial ini, masih ada Thalia si anak Zeus, mantan roh penjaga perbatasan Bukit Blasteran, dengan perisai Aegis-nya yang sangar, masih muncul Bianca di Angelo salah satu blasteran kakak beradik kuat yang ditemukan Grover, Artemis sang Dewi Pemburu beserta Zoe Nightshade dan pasukannya. Sayang beberapa dari mereka harus tamat di satu seri ini saja, dan Percy harus merelakan beberapa orang temannya pergi.

Nggak perlu aku terangkan kan, kalo ceritanya tetap menarik? Dan biar kita-kita terus penasaran, novel ini juga menyisakan satu musuh baru buat Percy. Musuh dengan kekuatan hebat yang bisa jadi senjata mematikan jika dia jatuh ke tangan para pengikut titan. Jadi Percy yang agak-agak merasa bersalah dan ngeri memiliki tugas baru, yaitu berbaikan dengan musuhnya tersebut sebelum dia dibujuk untuk berpihak pada para titan. Seru ya!

Kisah petualangan Percy Jackson ini semakin mendebarkan saja, karena kekuatan para titan mulai menampakkan progres. Jadi bisa dibayangkan, akan sekuat apa pasukan musuh menjelang pertempuran final di buku ke-5 kan?

Judul: Percy Jackson & The Olympians-The Titan’s Curse-Kutukan Bangsa Titan

ISBN: 978-979-433-558-1

Pengarang: Rick Riordan

Penerbit: Mizan Fantasi

Tanggal Terbit: Cetakan III Maret 2010

Halaman: 398

Soft Cover

Harga: Rp 54.000,-


2 Responses to “The Titan’s Curse-Percy Jackson & The Olympians-Saat Percy menghadapi ketidakberdayaan karena tidak mampu menyelamatkan banyak teman”


  1. 1 Fibyolin L Wighrayovinda
    April 19, 2011 at 11:48 am

    hemm,klimaksnya dmn …
    tlg cepet bles ya lge butuh nihhh

    • April 19, 2011 at 2:49 pm

      Agak2 sulit nemu klimaks di novel yang ini, karena hampir di semua titik perjalanan, mereka menemui kejadian seru. kalo aku lihat, novel sekuel yang ini digunakan sebagai pembelok jalannya kisah. Cabang-cabang, tokoh-tokoh, dan keputusan-keputusan penting benrmunculan.
      Di sini kita melihat kemunculan Pemburu Artemis, awal mula Percy kenal Rachel Elizabeth Dare, Nico di Angelo, dll.
      Tapi mungkin klimaks bisa bisa kita jatuhkan di situasi saat Percy tahu jati diri kakak beradik di Angelo deh. Meski kalo aku tulis lebih jauh lagi, dosa spoiler-nya jadi semakin parah. Hehehe. Kenapa ini bisa dianggap sebagai kliamaks? Karena jati diri mereka akhirnya menentukan kelanjutan jalannya perang dengan para titan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s