12
May
10

Vegan Virgin Valentine-butuh banyak perenungan dan perubahan untuk beralih dari remaja ke dewasa

Pernah dengar nggak, nasihat orang-orang lama tentang nyari pasangan hidup? Bahwa tingkat kedewasaan emosi cewek dan cowok itu nggak sama. Cewek lebih dewasa dari pada cowok. Dan perbedaan kedewasaan itu kira-kira sejauh 4-5 tahun. Jadi itulah alasan orang-orang lama menganggap usia ideal pasangan pacar/suami-istri itu sebaiknya musti berjarak 4-5 tahun lebih tua yang cowok. Biar bisa saling mengimbangi, katanya😀

Tapi di sini aku nggak akan bicara tentang superioritas gender lho ya …. Aku cuma pengen ngasih ilustrasi betapa berbedanya cara pandang orang-orang kita (jaman dulu) dibanding dengan cara pandang orang Amrik sono tentang perbedaan usia pasangan. Perbedaan usia dengan cowok yang ia taksir adalah satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi Mara Valentine akhir-akhir ini. Lihat saja daftarnya:

1. Putus dengan Travis setelah cowok itu mengejek ukuran tubuhnya karena nggak diturutin kemauannya (bisa kebayang kan, ‘kemauan’ ini apa maksudnya?)

2. Membenci kelas Tarian Improvisasi yang ia ambil di universitas

3. V datang dan tinggal di rumah. Keponakannya yang nyaris seumur dengan Mara itu super menjengkelkan, ribut, kurangajar, serampangan, pokoknya semua hal buruk yang dilakukan anak SMA, sebut saja, pasti nempel di V.

4. V bermesraan dengan mantan Mara di hari kedua mereka masuk sekolah.

5. Tiap hari dicurhati sahabatnya yang naksir James, bos mereka di Common Grounds.

6. Padahal Mara sendiri kayaknya naksir James.

7. Sayang (ini dia) James 4 tahun lebih tua yang kalo mereka pacaran, bakal diklasifikasikan sebagai kasus pedofilia. Belum lagi James itu nggak kuliah, padahal Mara bakal kuliah di Yale. James juga 6 senti lebih pendek dari Mara.

8. Dan masih banyak lagi.

Khas novel-novel Carolyn Mackler yang sudah aku baca, Vegan Virgin Valentine bahasannya lebih mendalam (dibanding novel Young Adult lain). Membuat pelakunya tampak memiliki kedewasaan yang agak di atas remaja lain seusianya. Tapi jangan khawatir, ini tidak mengurangi kelincahan cerita kok. Yah, mungkin bandingan kedewasaan Miss Mackler bertutur setaraf deh dengan Sarah Dessen.

Novel ini berkisah tentang remaja lurus-pintar-penurut bernama Mara Elizabeth Valentine. Ia punya keponakan yang hampir seumur dan 180° kebalikan pribadinya, V Valentine. Tak heran mereka saling benci pada setiap pertemuan. Sayang, ketenteraman hidup Mara harus diuji dengan keputusan orangtuanya (kakek-nenek V) untuk menampung keponakannya itu di rumah.

Gadis ini juga sedih, karena sahabatnya memusuhinya. Mau tahu alasannya? Mara pacaran dengan cowok yang sudah lama ditaksir si sahabat. Hal ini membuatnya berubah dari si cewek alim-pintar menjadi si jalang-perebut-gebetan-teman (setidaknya itu yang dipikir mantan sahabatnya dan teman sekamar cewek itu).

Mara juga menghadapi perubahan cara berpikir dalam memandang pendidikannya. Ia yang tadinya berharap bisa kuliah cepat, sekarang malah bertanya-tanya, “Untuk apa tergesa-gesa?” apalagi setelah ia mulai berpacaran.

Kisah yang tepat untuk remaja menjelang dewasa (anak kuliahan gitu lho) ini secara halus bertutur tentang keperawanan dan siapa yang layak mendapatkannya. Tidak bermaksud menggurui, juga tidak menjerumuskan. Setelah membaca dua novel Carolyn Mackler, aku nggak sabar nunggu karya yang lain diterjemahkan.

Penerbit: Gramedia

ISBN : 978-979-22-5068-8; 31201090041

Harga: Rp 29.000,-

Ukuran: 13.5 x 20 cm

Tebal: 240 hal

Terbit: Oktober 2009

Soft Cover

ISBN : 978-979-22-5068-8; 31201090041


0 Responses to “Vegan Virgin Valentine-butuh banyak perenungan dan perubahan untuk beralih dari remaja ke dewasa”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s