28
Apr
10

The Saga of Darren Shan

Serial ini semuanya terdiri dari 12 novel yang mengisahkan tentang perjalanan hidup Darren yang ia abadikan dalam bentuk diary. Hehehe, nggak banyak ya, cowok yang nulis diary. Tapi format diary ini yang nantinya bakal berperan penting di akhir cerita.

Buku 1: Cirque du Freak-Mimpi Buruk jadi Kenyataan

Buku 2: The Vampire’s Assistant-Asisten Vampir

Buku 3: Tunnels of Blood-Terowongan Darah

Buku 4: Vampire Mountain-Gunung Vampir

Buku 5: Trials of Death-Ujian Maut

Buku 6: The Vampire Prince-Pangeran Vampir

Buku 7: Hunters of the Dusk-Pemburu Petang

Buku 8: Allies of the Night-Sekutu Malam

Buku 9: Killers of the Dawn-Pembunuh Fajar

Buku 10: The Lake of Souls-Danau Jiwa

Buku 11: Lord of Shadows-Penguasa Kegelapan

Buku 12: Sons of Destiny-Anak-anak Takdir

Cirque du Freak adalah cerita tentang si Darren, anak yang kayaknya baru 10 tahun (tapi di filmnya yang baru tadi aku tonton, langsung dibikin berumur 16 tahun). Darren anak ganteng, cerdas, dan alim yang punya sahabat bernama Steve. Mereka penasaran pengen nonton pertunjukan orang aneh. Di pertunjukan itu, ada banyak performer macam: Rhamus Dua Perut, Gertha Geligi, Evra Von si anak ular, Manusia serigala, Truska si Wanita berjanggut, dll dll, dan akhirnya, Larten Crepsley, si Pawang Labah-labah.
Ternyata Steve yang penggemar dongeng vampir mengenali tampang Larten dari buku-buku yang ia miliki. baginya Larten adalah Vur Horston, seorang vampir. Lalu akhirnya ia memohon pada Larten untuk diubah jadi vampir. Tapi Larten menolak karena darah Steve buruk. Di satu sisi waktu yang sama, Darren berhasil mencuri labah-labah Larten. tapi si labah-labah menggigit Steve hingga koma. Terpaksa darren kembali ke Larten untuk minta agar nyawa Steve diselamatkan. Larten bersedia, tapi dengan satu syarat. Akhirnya Darren harus mau jadi manusia setengah vampir agar nyawa Steve selamat. Darren harus merelakan hidupnya untuk menjadi asisten Larten Crepsley.
Buku kedua The Vampire’s Assistant bercerita tentang perjuangan Darren menyesuaikan diri dari seorang bocah culun idealis menjadi manusia setengah vampir yang menjadi identitas barunya, dan munculnya lawan tangguh klan vampir, yaitu klan vampanese. Beda vampir dengan vampanese adalah, bahwa vampir mengisap darah manusia tanpa membunuhnya. Vampir hanya mengambil beberapa tetes darah, dan seakan si manusia hanya kena gigitan serangga. Sedang vampanese mengisap darah sampai habis.
Ada seorang dalang di balik semua kekacauan, namanya Mr. Des Tiny. Si Pengatur Nasib. Des Tiny menyatakan bahwa nantinya kedua klan bakal bertempur habis-habisan di bawah pimpinan besar mereka. Dan jika salah satu klan menang, maka yang satunya bakal musnah.

Alur ceritanya seru dan rinci, membuat kita mampu membayangkan contohnya: perjalanan panjang Darren dan Larten ke Gunung Vampir, jalan pertempuran, adegan pembunuhan, hingga pergolakan batin yang sering dialami si tokoh utama.

Ending serial ini benar-benar di luar dugaan. Fantastis bercampur heroik. Semua jempolku untuk Darren O’Saughnessy sang pengarang, meski jujur saja, aku bukan penggemar cerita epik penuh kesedihan begini.

Nggak seru dongeng tanpa kritik. tapi sayang, The Saga of Darren Shan buatku nggak menyisakan tempat buat kritik. Kecuali nih ya … sebagai orang yang suka mengulang-ulang baca koleksi novel dan penggemar happy ending, serial ini rasanya bukan materi yang tepat untuk diulang baca berkali-kali. terlalu gelap dan sedih. Meski kesedihan yang ini bukan kesedihan yang pasaran lho ya. Jadi silakan yang suka cerita vampir, ini novel yang tepat. Tapi peringatan terakhir: buat kalian penggemar vampir ngepop seperti Edward Cullen, pasti bakal kecewa berat😀

Deskripsi bukunya kira-kira saja ya … soalnya ini serial.

Harga: Rp 25.000-30.000

Soft cover


3 Responses to “The Saga of Darren Shan”


  1. 1 nathalia
    September 19, 2010 at 1:40 pm

    harganya 25-30rb itu smua buku atau per buku??
    ada nmr yg bisa dihubungi??
    thanks..

    • September 21, 2010 at 2:16 pm

      hai, sori, lama banget gak nengok2 blog. harga darren shan itu harga per bukunya. kalo yang sets kurang tau deh. maaf memberi persepsi yang salah, blog ini cuma mengulas novel2 yang aku anggap keren. kalau pembelian tetap musti ke penerbit, atau ke toko buku terdekat. mohon maklum :”)

  2. 3 felan
    November 15, 2016 at 11:06 pm

    aku seneng banget ama seri Darren shan..keren ceritanya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s